Jumat, 12 November 2010

contoh surat ijin pendirian TK ( play group )

YAYASAN PKK DESA
“ xxxxxxxxxxxxx “
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


Nomor : 10 / PKK.9 / XI / 2010
Lampiran : Satu Bendel
Perihal : Permohonan Ijin Pendirian

Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Pendirian Kabupaten
Melalui
Kepala Cabang Dinas Pendidikan
Kecamatan

Assalamu’alaikum Wr, Wb
Salam sejahtera semoga ALLOH SWT senantiasa melimpahkan Rahmad Taufiknya kepada kita semua sehingga kita sukses dalam menjalankan tugas keseharian kita. Selanjutnya kami sampaikan bahwa Yayasan PKK DESA “ xxxxxxxx “ xxxxxxx telah membuka pendidikan pra sekolah ( Paly Group ) xxxxxxx pada tanggal 10 februari 2009, sekarang sudah berjalan lancar dan semakin berkembang, oleh Karena itu demi kelancaran program pendidikan tersebut kami mengajukan permohonan ijin penyelenggaraan pendirian PAUD / Play Group.
Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wasaalamu’ alikum Wr. Wb.

Ketua xxxxxxx, 8 November 2010
Yayasan PKK DESA Ketua pengelola
xxxxxxxxxx Play Group “ xxxxxxxxxxxx “



Lismiati Heny Mujayanti





YAYASAN PKK DESA
“ xxxxxxxxx “
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


SURAT KETERANGAN
NOMOR : 05 / PKK.9 / XI / 2009


Yang bertanda tangan dibawah ini kami :
Nama : Lismiati
Jabatan : Ketua yayasan PKK DESA “ xxxxxxxxxxxxx” karang tengah Sumber girang
Alamat : karang tengah xxxxxxxxxxxx

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa Play Group “ xxxxxxxxxxxxx “ telah dirintis sejak 10 Februari 2009 dan berada pada lingkungan lembaga pendidikan kami yang beralamat di Dusun karang tengah xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx, dipimpin oleh :
Nama : xxxxxxxxxxxx
Tempat , Tanggal Lahir :
Jabatan : Ketua penyelenggara Paly Group
Alamat : Karang tengah xxxxxxxx

Demikian Surat keterangan ini kami buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


xxxxxxxxxxxxx, 10 November 2010
Ketua yayasan PKK DESA ” xxxxxxxxxxx “



LISMIATI




DAFTAR ISI

SURAT PERMOHONAN……………………………………………….. i
DAFTAR ISI……………………………………………………………... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang……………………………………………………. 1
B. Dasar……………………………………………………………... 1
C. Tujuan Program…………………………………………………... 1
D. Manfaat Program…………………………………………………. 2

BAB II KEADAAN KELEMBAGAAN
A. Peserta Didik……………………………………………………... 3
B. Tenaga Pendidik…………………………………………………. 3
C. Lokasi Kegiatan………………………………………………….. 3
D. Program Pembelajaran……………………………………………. 4
E. Hasil yang akan Dicapai………………………………………….. 4
F. Sarana yang Dimiliki……………………………………………... 5

BAB III PENUTUP……………………………………………………… 6
DAFTAR PUSTAKA yang akan dipakai acuan dalam mendidik Anak Usia Dini
LAMPIRAN – LAMPIRAN












BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Melihat dari Visi dan Misi Pendidikan Nasional antara lain :
1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh Rakyat Indonesia.
2. Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak dini usia sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar yang madani.
3. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelanggaraan pendidikan berdasarkan prinsip - prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Oleh sebab itu kami sebagai masyarakat merasa terpanggil untuk ikut serta menangani Pendidikan Mulia Anak Usia Dini. Tapi keikutsertaan kami tidak akan berarti tanpa bantuan / dorongan dari pemerintah.
B. DASAR
Yang mendasari pendirian kelompok bermain ( Play Group ) ini adalah :
1. Berdasarkan UU No. 6 tahun 1974 tentang kesejahteraan sosisal
2. Berdasarkan UU No. 4 tahun 1974 tentang kesehatan anak
3. Berdasarkan UU No. 10 tahun 1992 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera.
4. Berdasarkan UU No. 22 tahun 2000 tentang otoda
5. Berdasarkan UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak
6. Berdasarkan UU No. 28 tahun 2003 tentang pendidikan nasional
C. TUJUAN
1. Membantu peran orang tua memiliki keterbatasan waktu dalam mengasuh anak agar mendapatkan pendidikan yang insentif.
2. Membantu peran orang tua dalam upaya mengembangkan dan mengoptomalkan aspek – aspek perkembangan yang dimiliki anak sesuai dengan tingkat kemampuan dan bakat anak.
D. MANFAAT PROGRAM
Program ini bermanfaat :
1. Bagi anak – anak usia dini yang membutuhkan pelayanan pendidikan secara layak.
2. Bagi orang tua yang membutuhkan
3. Bagi para guru memahami karakter anak usia dini


BAB II
KEADAN KELEMBAGAAN

A. PESERTA DIDIK
1. Sistem rekrutmen
Dalam penjaringan / rekrutmen peserta ada dua pendekatan yaitu pertama menghubungi warga masyarakat yang mempunyai putra – putri kecil yang berusia 3- 4 tahun dan menyebarkan brosur kepada masyarakat sekitar.
2. Kriteria Peserta Didik
Criteria peserta didik yaitu anak yang berumur 3-4 tahun
3. Jumlah peserta
Jumlah peserta didik anak untuk tahap pertama dan anak untuk tahap ke tiga
( rincian terlampir )

B. TENAGA PENDIDIK
Tenaga pendidik diambil dari daerah setempat yang mampu mengajar / mendidik dan mempunyai ijazah yang layak sebanyak 3 orang sebagai berikut :
NO NAMA PENDIDIKAN JABATAN
1
2
3



KETUA PENGELOLA
GURU
GURU

C. LOKASI KEGIATAN
Lokasi yang digunakan untuk kegiatan PAUD “ xxxxxxxxxx “ Dilingkungan lembaga PKK DESA xxxxxxxxxxxx
D. PROGRAM PEMBELAJARAN
1. Pola penyelenggaraan digambarkan sebagai berikut :
MELAKSANAKAN IDENTIFIKASI PENETAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN PROSES PEMBELAJARAN KELUARAN
- Calon peserta didik
- Tenaga pendidik
- Sarana pendukung Kelompok bermain
( Play Group ) Belajar Sambil Bermain. Bertambah,
Berkembang,
Pengetahuan, sikap dan ketrampilan / kreatifitas peserta didik untuk siap melanjutkan pendidikan ke taman kanak kanak


2. Metode dan Proses pembelajaran
Menggunakan metode pembelajaran partisipatif, belajar sambil bermain. Proses pembelajaran dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :
a. Menerima pendaftaran calon peserta didik
b. Menyiapkan sarana permainan dan alat permainan yang dibutuhkan
c. Melakukan pembelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
 Menggunakan kurikulum yang telah disusun berdasarkan anak usia dini khusunya kelompok bermain.
 Pembelajaran dilaksanakan 3 hari kerja ( senin, rabu, jum’at ) mulai pukul
07.00 – 09.00 wib
 Strategi pembelajaran lebih banyak bermain sambil belajar
 Evaluasi dilaksanakan melalui pengamatan dewan guru tenaga pendidik.

E. HASIL YANG AKAN DICAPAI
1. Aspek- aspek pengembangan yang dimiliki dapat berkembang sesuai dengan keunikannya.
2. Dapat meringankan waktu orang tua dalam pengasuhan dan pendidikan.

F. SARANA YANG DIMILIKI
Sarana yang dimiliki Play Group “ BINTANG KECIL “
NO NAMA BARANG KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
Ruang belajar
Ruang bermain
Meja murid
Meja guru
Papan tulis
Mainan ban Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada











BAB III
PENUTUP

Alhamdulillah dengan Ridho ALLOH SWT. Akhirnya terbnetuklah suatu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Dusun Karang Tengah Sumbergirang kecamatan Puri Kabupaten mojokerto. Walaupun masih kurang dari sempurna, dengan demikian bimbingan dan arahan dari bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Subdin PLS, dan Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Puri subdin PLS, serta instansi terkait lainnya. Demi kemajuan dan kesempurnaan lembaga pendidikan kami dalam rangka mempersiapkan generasi yang trampil dengan kesiapan Iman dan Taqwa.




























DATA SISWA DIDIK
PAUD “xxxxxxxxxxxxxx “
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

NO NAMA SISWA TGL LAHIR ORANG TUA
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25

xxxxxxxxxxxxxx 08 November 2010
Ketua Pengelola
Play Group “ xxxxxxxxxxxxxxxxxx “



HENY MUJIYANTI

STRUKTUR ORGANISASI
PENGELOLA PLAY GROUP “ xxxxxxxxxxxxxxxx “


Penasehat : 1.
2
3.
Ketua pengelola :
Sekretaris :
Bendahara :
Anggota : 1.
2
3
4
5
6



xxxxxxxxxxxx, 10 November 2010
Ketua pengelola PAUD xxxxxxxxxxx




HENY MUJAYANTI













DAFTAR PENDIDIK
PENGELOLA PLAY GROUP “ BINTANGKECIL “


NO NAMA PENDIDIKAN JABATAN
1
2
3








xxxxxxxxxxx, 10 November 2010
Ketua pengelola PAUD xxxxxxxxxx




HENY MUJAYANTI














SURAT REKOMENDASI
Nomer :………………………………..

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Sumber girang kec.xxxxxxxxx dengan ini memberikan persetujuan / rekomendasi kepada yayasan PKK DESA ‘ xxxxxxxxxxxxxx “ Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD “ xxxxxxxxxxxxxxxx “ dengan Alamat di Dusun xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx dengan pertimbangan sebagai berikut :
1. Masyarakat disekitar lokasi PAUD masih sangat memerlukan adanya layanan kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut.
2. Masyarakat disekitar lokasi PAUD bisa menerima kehadiran kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut.

Surat rekomendasi / persetujuan ini dikeluarkan dalam, rangka perlengkapan persyaratan memperoleh rekomedasi pendirian PAUD dari Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan xxxxxxxx oleh Yayasan PKK Desa “ xxxxxxxxxxxxxxx “



xxxxxxxxxxx, 08 November 2010
Kepala Desaxxxxxxxx
Kecamatan xxxxxxxxx




WARAS SIONO












PROPOSAL
PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN
KELOMPOK BERMAIN ( PLAY GROUP )




















DIAJUKAN OLEH :

PENYELENGGARA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KELOMPOK BERMAIN “ xxxxxxxxxxx “
DUSUN xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
KABUPATEN xxxxxxxxxxxxxxxx








































LAPIRAN - LAMPIRAN

1. SURAT REKOMENDASI KEPALA DESA xxxxxxxxxxxx
2. SURAT REKOMENDASI KEPALA CABANG DINAS PENDIDIKAN
KECAMATAN xxxxxxxxxxxxx
3. FOTO KEGIATAN PESERTA DIDIK PLAY GROUP “xxxxxxxxxxxxxx “
4. DENAH LOKASI PLAY GROUP PAUD xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


















PEMERINTAH KABUPATEN xxxxxxxx
DINAS PENDIDIKAN
CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN xxxxx
Jl. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


SURAT REKOMENDASI
NOMOR :

Yang bertanda tangan dibawah ini kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan xxxxxxx Kabupaten xxxxxxxxxx, memberikan rekomendasi kepada PPS “ xxxxxxxxxxx “ dengan alamat Dusun Karang Tengah Desa xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx dengan pertimbangan sebagai berikut :
1. Bahwa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional maka Pendidikan Swasta memiliki peranan yang amat besar dan oleh Karena itu kepada pihak Swasta / Masyarakat perlu diberi kesempatan untukikut berperan serta menyelenggarakan kegiatan pendidikan.
2. Bahwa setelah diteliti persyaratan pendirian PAUD “ xxxxxxxxxxxxxx “ yang dimiliki oleh penyelenggara telah memnuhi persyaratan yang ditentukan dalam pedoman pembinaan PAUD.
3. Bahwa setelah diteliti, masyarakat setempat memang sangat memerlukan kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh penyelenggara pendidikan berdasarkan rekomendasi dari desa setempat.
Surat rekomendasi ini dikeluarkan dalam rangka pendaftaran pendirian PAUD di Dinas pendidikan kabupaten xxxxxxxxx oleh lembaga tersebut diatas.




xxxxxxxxx, 8 November 2010
Kepala Cabang Dinas pendidikan
Kecamatan xxxxxxx




Drs. xxxxxxxxxxxxxxxxx
Nip. xxxxxxxxx

1 komentar:

  1. posting nya membantu sekali untuk org awam yg ingin mendirikan paud... terima kasih...
    Diana

    BalasHapus